Wednesday, April 28, 2010

Gulai Rebung Tunjang

Tunjang ato yang lebih dikenal dengan sebutan kikil,emang rada lama ngerebusnya,tapi hasilnya..nikmeh dah
dimasak apa juga aku doyan banget ma kikil nih..
Dibikin gula ditambah rebung dan sayur pun enak lho..
Resep ini aku dapet dari Resep Persembahan Indosiar yang udah rada2  di modif dikit..

Gulai Rebung Tunjang


Bahan
1 ekor kaki sapi
2 lbr daun kunyit
1/2 sdt pala *aku pake pala bubuk*
1 btg serai,memarkan
3 lbr daun jeruk
3 cm jahe,memarkan
2 cm lengkuas
150 gr rebung
1 ikat kacang panjang/buncis
500 cc santan*aku ga pake,udah banyak lemaknya kayanya dan ga pake pun tetep gurih*
3 bh asam kandis

Haluskan:
5 cabe merah
8 siung bawang merah
3 siung bawang putih
5 btr kemiri
2 cm lengkuas*aku ga pake lagi*

Caranya:
  • Rebus tunjang sampai setengah matang,angkot,potong2 sesuai selera.
  • Rebus lagi kikil dengan daun kunyit,pala,serai,daun jeruk hingga lunak.
  • Iris rebung dan reus dengan air kelapa agar aromanya enak*aku ga ikutin karena pake rebung kaleng*
  • Panaskan minyak,tumis bumbu yang sudah dihaluskan hingga harum,masukan kedalam air rebusan kikil,tambahkan santan (kalo pake) dan asam kandis,masak hingga kuah mengental.
  • Masukan rebung dan kacang panjang,masak sebentar,angkat
  • Sajikan hangat dengan taburan bawang goreng

No comments:

Post a Comment