Friday, September 24, 2010

belajar jadi bakul kue

Buat pertama kalinya ngerasain jadi bakul kuker lebaran taun ini,biasanya sih ada temen yang suka jualan kuker lebaran dan orang-orang order sama dia,berhubung taun ini dia lagi bongkar rumah trus pulang leberan ke indo akhirnya orang pada pesen ma aku..
Ini pun awalanya ga ada niat buat jualan,secara kaga pede buat jualan dan bahan2 yang aku pake pun yang systemnya jor-joran,telornya boros,palagi kastengelnya,kejunya buanyak banget...ceritanya aku ngasih kuker dikit ke temen,buat morning tea dikerjaan,eh dia bilang tem,kalo mo bikin lagi aku pesen deh..aku mesem2 aja,ma bilang kayanya engga dah,orang udah beres semua kuker lebaran ku..,aku bikin kuker buat ibu dan ade2ku sekalian.
Eh,besoknya ma dia di bawa ketempat arisan orang2 indo sini,sore-sore banyak yg sms pada pesen.waduh tinggal 7 hari lagi ke lebaran,mana aku kerja lagi..pikir2 rejeki mah kaga boleh ditolak,jadi ah Bismillah deh aku jalanin,ada beberapa yang gagal,nastar lagi doh,udah cape mulung2,pas malemnya dicobain ko teksturnya salah....:((
pengen nangis guling dah,bayangin aja aku bikin 7 resep salah ngocok jadinya tuh nastar dry,sampai hari terakhir puasa aku masih berkutat ma nih nastar..gpp jadi pengalaman  buat laen kali,lain mixer beda lagi cara ngehandlenya..
Mudah2an sih hasilnya kaga terlalu ngecewaiin buat yang pesen...
Ini foto sebagian kue yang blom dianter..


Hari Lebaran nya pun malem-malem aku udah balik ke dapur,ada yang pesen jajanan pasar buat besoknya acara open house dirumah dia,bikin isi buat dadar enten sama bikin chiffon ketan item 3 loyang,mana loangnya cuma punya satu lagi...:(
Dabtu pagi abis subuh langsung pegang mixer lagi dah,bikin adonan kue lumpur disambi sama bikin dadar enten dan terakhir bikin klepon..Dasar nasib apes,lagi sibuk-sibuknya bikin,lampu mati wodohhh padahal aku blom goreng kacang bawang ada pesenan susulan,tadinya aku pikir mo goreng di deep fryer aja biar cepet,panik banget dah..
Ketambahan ternyata aku salah perhitungan,adonan bt kue lumpur ternyata kurang...halahhhh buru2 ngukus kentang lagi,mana ga bisa ngocok pake mixer,udah keringetan abis deh aku,ini semua mesti dianterin jam 10.30,chiffon aja blom aku potongin..
Tapi alhamdulillah semua abis tepat waktu...50 kue lumpur,50 dadar enten,60 potong chiffon dan 100 buju klepon kelar jam 10,langsung mandi dan berangkat....Alhamdulillah yang pesen seneng dan katanya laris manis malah dia sendiri kaga kebagian....

No comments:

Post a Comment