Saturday, June 7, 2014

Baked Pumpkin Risotto

ga pernah nyoba makan rissoto di resto karena kan kebanyakan pake white wine masaknya,trus pernah sekali nyobain di halal resto ko kayanya hambar yak,masih enakan bubur manado..haha.
kesan aku pertama tentang risotto,hmm over rated deh kayanya ga ada special2 nya.
kapan tau iseng lagi browsing resep di www.taste.com liat ada resep risotto dpt 5 stars,banyak yg komen mereka yang ga suka risotto pun pada doyan katanya sama ini resep,ya sudah ngabisin penasaran maksain ke pasar beli wine yang non alkohol,biasanya kalo ada resep pake alkohol aku suka ganti pake apple juice aja,tapi kali ini maksain aja deh beli wine yg non alkohol.
Risotto nya ga terlalu menarik hasil akhirnya,lumpy gitu kesan nya kaya nasi kaga mateng...tapi rasanya wokeh lho....beneran,coba deh.
emang pegel bikinnya krarena harus ditungguin tp ga nyesel deh,nambah yang ada.

 Pumpkin Risotto


Bahan2:

500 gr labu kuning,potong potong 1x1 cm
60 ml minyak zaitun
1 sdt madu
850 ml air kaldu sayuran
1 bawang bombay,cincang
2 cm jahe,diparut
1 sdt cayene pepper bubuk ato cabe bubuk
1 cup (220) gr arborio/beras khusus untuk risotto
160 ml white wine
1 sdm air jeruk nipis/lemon



caranya:

  • Panaskan oven 220 derajat
  • taruh labu di tray,tuang2sdm  minyak zaitun kasih garam sama merica sedikit,panggang selama 15 menit,angkat,tambahin madu,aduk rata.panggang lagi 15 menit sampai matang
  • didhkan air kaldu,kecilkan apinya.
  • panaskan  sisa minyak di atas wajan yang tebal bawahnya,masukan bawang ,aduk 2-3 menit sampai layu,tambahkan jahe parut,cabe bubuk dan beras,masak 1 menit aduk aduk rata.kecilkan api ke medium,masukan wine dan masak sampe terserap semua,tambahkan 1 sendok sayur besar air kaldu,tunggu samapi terserap oleh beras,tambahkan lagi sesendok kaldu jangan tambah kaldu sebelum terserap oleh beras,masak terus sampai air kaldu nya habis.
  • masak lagi 15 menit setelah air kaldu nya kepake semua ato sampe berasnya mateng,tanbahkan air jeruk dan labu,tambahkan cincangan daun parsley kalo suka















No comments:

Post a Comment