Monday, May 17, 2010

Chicken and Leek quiche

Quiche ini sejenis pie/tart asin yang modelnya terbuka alias ga ditutup dengan pastry lagi dan biasanya rasanya asin.Bisa dibikin dengan berbagai ukuran,dari mini quiche sampai ada yg jumbo modelnya,yg mini biasanya untuk snack sedangkan yang dibikin di loyang biasanya untuk main meal disajiin ma salad..
Isi untuk quiche ini pun tergantung selera dan imajinasi kita aja.Anak-anak biasanya suka ma quiche ini,dan kalo dibikin ukuran mini,cocok buat bekal sekolah..

Chicken and leek quiche

Bahan Pastry
250 gr tepung terigu
125 gr butter dingin,potong2 dadu
2 kuning telur
3-4 sdm air es
Ato bisa pake shortcut pastry jadi yang banyak dijual di supermarket

Bahan Isi:
250 gr dada ayam rebus,potong-potong dadu
1 btg leek,iris tipis*pake bagian yg putihnya aja*
4 btr telur,kocok
250 cc fresh cream
150 gr cream cheese
50 gr keju parut
1/2 sdt pala
garam dan merica secukupnya

Caranya:
  • Masukan tepung dan butter ke dalam blender,proses 15 detik ato sampe adonan membentuk butiran.Tambahkan telur dan air,proses lagi sebentar sampai adonan menjadi satu,tambahkan air lagi kalo perlu.
  • Keluarkan dari blender,gulung ,bungkus dengan cling wrap/plastik,masukan ke kulkas 15 menit.
  • Olesi cetakan untuk quichebisa pake loyang bongkar pasang ato pun di pinggan
  • Keluarkan pastry dari kulkas,giling tipis sampai pastry bisa menutupi pinggan/loyang,ratakan/buang pinggirnya,masukan lagi ke kulkas 10 menit.
  • Panaskan oven 190C,tutup pastry dengan baking paper,tutup rata dengan baking beads ato beras ato kacang kering,panggang 15 menit.Angkat naking paper dan baking beads/beras,panggang lagi 10 menit ato sampai pastry kering dan warnanya keemasan.Ini yang disebut dengan proses blind baked supaya pasty ga jadi basah/soggy waktu diisi nanti sedangkan tujuan diberi beads/rice yaitu supaya adonan pastry tidak naik waktu dipanggang.Kalo bikin mini quiche,proses blind bake ini bisa di skip.
  • Untuk membuat isinya,tumis leek dengan sedikit minyak sampai layu.
  • Ratakan ayam rebus dan leek diatas pastry
  • Campurkan cream,cream cheese,telur,keju parut,pala,garam dan merica
  • Tuangkan ke pasrty,panggang di oven 180C sampai matang.Kalo quiche besar biasanya 50 menitan,sedangkan mini quiche sekitar 15-20 menit
  • Bisa disajikan hangat ato dingin

Kalo ada yang pengen tau penampakannya baking beads,nah ini dia nih.Biasanya ada dijual  ditoko yang menjual loyang,beads ini cepet dinginnya sehabis dipanggang jadi jangan takut tangan kebakar

No comments:

Post a Comment